Cara menghemat kuota internet - KP Blog

Cara menghemat kuota internet

Kebutuhan kuota internet saat ini sudah menjadi sebuah keharusan yang tidak mungkin tidak, terlebih bagi orang-orang yang memang aktif dan bekerja dalam dunia online. Aktivitas online yang beragam seperti melakukan pesanan online, mengaktifkan Maps Navigasi, berbalas pesan dalam messengger, atau sekedar eksis di media sosial kerap memakan banyak kuota internet.

Jika kita menyadari aktivitas online yang kita lakukan, maka penggunaan kuota internet yang cukup banyak masih bisa kita maklumi. Namun apa jadinya jika kuota internet terpotong dalam jumlah besar tanpa kita pernah menyadari keadaan tersebut ?

Untuk penyebabnya, Anda bisa membaca pada artikel penyebab kuota habis sendiri yang sudah pernah di posting sebelumnya.  Nah,  untuk menghindari keadaan tersebut, berikut adalah cara menghemat kuota internet yang bisa Anda lakukan

1. Matikan update aplikasi otomatis di Google Play


matikan update otomatis di play store

Langkah pertama yang perlu di lakukan untuk memulai cara menghemat kuota internet adalah dengan mematikan update aplikasi otomatis yang ada di akun google play Anda. Update otomatis umumnya akan menggunakan kuota data internet guna melakukan update pada setiap aplikasi yang sudah Anda instal kedalam gadget.

Cara mematikannya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Google Play Store > Tap menu strip tiga disisi kiri atas > pilih menu Settings. Kemudian lanjutkan dengan mengklik menu Auto-Update Apps, lalu pada pop up yang muncul lanjutkan dengan memilih Do not auto-update apps.


2. Non-aktifkan Opsi sinkronisasi yang tidak diperlukan


non-aktifkan opsi sinkronisasi akun

Opsi sinkronisasi berfungsi untuk men"sinkron"kan (menyamakan) data dan riwayat akun pada server dengan perangkat yang digunakan. Pada beberapa penggunaan, banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone sehingga membuat penggunaan kuota internet semakin banyak dan tanpa Anda sadari kuota internet Anda semakin berkurang.

Untuk mengatasinya, silahkan masuk ke menu Setting > General > Accounts > kemudian pilih pada akun yang tidak ingin disinkronisasikan


3. Batasi Penggunaan data dan aktifkan peringatannya


batasi penggunaan data

Untuk membantu Anda mengetahui seberapa besar jumlah kuota internet yang sudah digunakan, Anda dapat mengaktifkan pembatasan penggunaan kuota internet berikut dengan peringatannya.

Pembatasan data kuota internet ini juga akan memberikan informasi peringatan berupa pop up yang akan muncul di smartphone Anda ketika penggunaan kuota internet sudah melebihi batas kuota yang dapat Anda tentukan sendiri.

Misalnya, Anda memiliki kuota internet sebesar 12GB, dan Anda mengatur peringatan pada 10GB. Pada saat penggunaan kuota internet sudah melebihi 10GB, maka notifikasi akan muncul untuk mengingatkan Anda bahwa penggunaan data sudah mencapai limit.

Untuk mengaturnya, silahkan masuk ke menu Settings > Data usage > Set mobile data limit lalu atur batas penggunaan data sesuai dengan keinginan Anda.


4. Batasi penggunaan data background pada aplikasi


batasi penggunaan data background

Penggunaan data background merupakan penggunaan data kuota internet yang umumnya tidak Anda sadari karena sifatnya yang berjalan dibelakang layar.

Penggunaan data ini otomatis dilakukan oleh sistem untuk membantu memperbarui sistem notifikasi gadget, sinkronisasi email, notifikasi aplikasi seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lain-lain bahkan feed berita yang Anda ikuti.

Untuk melakukan pembatasan penggunaan data background ini, Anda dapat mengaturnya pada menu Settings > Data usage > tap pada aplikasi yang diinginkan > klik ok pada restrict background data



5. Gunakan Browser yang hemat data ketika berselancar


gunakan browser hemat data

Untuk membantu menghemat penggunaan paket kuota internet, silahkan gunakan browser yang lebih hemat dan efisien penggunaan data. Pada beberapa browser, tersedia mode data saver atau mode penghemat daya yang sangat efektif untuk menghemat kuota internet pada gadget Anda.

Google Chrome dan Opera Mini adalah contoh browser yang bisa digunakan karena kedua browser ini terbukti sangat efektif bila kita ingin menghemat kuota internet di Android.

Opera Mini merupakan browser yang tidak memerlukan pengaturan khusus, karena pada dasarnya Opera Mini cukup efektif untuk menghemat penggunaan mobile data. Bila Anda sering nonton video streaming dan ingin menghemat kuota internet, maka Anda bisa melakukan setelan untuk kompresi video dengan fitur yang ada di Opera Mini.

Khusus untuk Google Chrome, lakukan pengaturan dibawah berikut :
  • Masuk ke aplikasi Google Chrome > setelah browser terbuka > tap ikon menu tiga titik di kanan atas browser > pilih Settings > pilih Advanced, lalu aktifkan Data Saver.


6. Cerdas menggunakan dan mengatur aplikasi


cerdas mengatur aplikasi

Beberapa aplikasi ditenggarai aktif menggunakan banyak data ketika lalu lintas pengiriman konten seperti foto, video, ataupun suara aktif. Berikut beberapa contoh pengaturan pada beberapa aplikasi yang kerap menggunakan kuota banyak

A. Whatsapp

Whatsapp normalnya di set untuk mendownload semua media dalam format apapun yang dikirimkan oleh rekan-rekan Anda kedalam smartphone. Untuk mencegah media terdownload otomatis lakukan cara ini;

Buka aplikasi Whatsapp > lalu Tap menu dengan ikon tiga garis > Pilih Settings > Pilih Data Usage > Tap “When using mobile data” pastikan semua kolom tidak dicentang > Tap OK.

Ini artinya, kiriman media dalam format apapun di WhatsApp tidak akan diunduh ke smartphone. Selain menghemat data internet, cara ini juga dapat menghemat penggunaan jumlah kapasitas memori di smartphone Anda.

B. Map / Peta Navigasi

Aplikasi peta / maps, kerap memakan data setiap kali kita membuka dan mengaktifkanya. Cara terbaik untuk menghemat penggunaan kuota internet akibat aplikasi map ini adalah dengan mendownload versi offlinenya, berikut contoh dengan Google Maps

Buka aplikasi Google Maps > Tap menu ikon tiga garis > Pilih “Offline Maps” > Pilih “Select Your Own Map” > Geser map untuk menentukan area > Tap Download

Awalnya, proses tersebut membutuhkan koneksi internet. Namun, ketika Offline Maps sudah didownload, maka Anda bisa menggunakan aplikasi navigasi dalam mode offline khusus di area yang sudah didownload sebelumnya. Dengan begitu, Anda sudah dapat menghemat kuota internet setiap kali membuka area tersebut.

C. Facebook/ Twitter/ Instagram

Ke tiga aplikasi diatas memang memiliki puluhan juta jumlah pengguna aktif dan bisa jadi Anda termasuk didalamnya. Masing-masing aplikasi umumnya juga memakan kuota internet secara aktif juga.

Untuk, menghemat kuota internet, sebaiknya Anda memilih salah satu aplikasi yang memang sering digunakan saja.

Untuk yang lainnya Anda bisa lakukan alternatif dengan membukanya melalui browser kemudian gunakan "Add to Homescreen" untuk menampilkan "shortcut" menuju akun media sosial tersebut.

Dengan begitu, kita bisa menghemat penggunaan kuota internet dan juga memori interna di gadget Anda.


7. Atur Kualitas Video Streaming


Pengaturan kualitas gambar di youtube

Salah satu aktivitas online yang boros kuota adalah menonton video streaming. Untuk menghemat kuota internet, selayaknya aktivitas menonton video streaming jelas harus juga dikurangi.

Jika aktivitas tersebut tidak bisa Anda kurangi, Anda dapat menurunkan resolusi video yang akan di tonton guna menghemat kuota internet. Misalnya, dari yang biasanya menggunakan kualitas HD, anda dapat memilih opsi 480p atau 380p agar kualitas gambar yang dihasilkan masih cukup enak di tonton.


8. Gunakan Aplikasi Kompresi Data


aplikasi penghemat data

Tips ampuh berikutnya untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa melakukan kompresi data. Salah satunya adalah Datally atau My Data Manager

Aplikasi ini akan menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kita dan melakukan kompresi pada setiap file yang diperlukan. Aplikasi sejenis ini mampu menjadi pilihan yang tepat apabila Anda ingin menghemat kuota internet.