4 Aplikasi penghemat data seluler yang populer digunakan - KP Blog

4 Aplikasi penghemat data seluler yang populer digunakan

Hampir semua aktivitas di smartphone membutuhkan kuota data internet yang cukup banyak, seperti contohnya bermain game online, berselancar, membuka media sosial, video streaming, email, chatting, dan lain sebagainya.

Kecenderungan penggunaan data seluler yang memakan kuota banyak, rupanya juga menjadi perhatian para developer aplikasi android untuk membantu pengguna dalam menghemat data seluler di smartphone mereka.

Bahkan Google sendiri, sebagai raksasa dalam bidang ini, turut menciptakan aplikasi andalan guna membantu pengguna dalam mengontrol dan menghemat penggunaan data seluler. Apa saja aplikasi penghemat data seluler yang handal untuk digunakan? Simak informasinya dibawah ini.


1. Datally


Datally aplikasi penghemat data seluler

Aplikasi buatan Google yang belum lama terbit ini ternyata cukup populer dikalangan pengguna. Terbukti, lebih dari 10 juta pengguna (30/4/2018) telah menginstal aplikasi ini dengan tujuan untuk menghemat data seluler di smartphone mereka.

Aplikasi Datally ini merupakan pengelola data seluler yang akan membantu untuk memantau , menghemat dan mengontrol penggunaan data sekitar 30% * pada masing-masing aplikasi (* = Penghematan aktual mungkin bervariasi, dan bergantung pada perilaku penggunaan individu).

Selain itu, anda juga dapat melihat penggunaan data pada aplikasi berjalan secara real-time serta menonaktifkannya secara langsung melalui balon penghemat kuota jika penggunaan data pada aplikasi tersebut sudah diluar batas kewajaran.

Fitur lainnya yang di sediakan Datally inipun cukup beragam dari mulai menemukan Wi-Fi terdekat hingga memberitahu Wi-Fi dengan jaringan terkuat.

Untuk mengunduh dan menggunakan Datally, silahkan kunjungi laman Google Playstore pada link berikut : Datally



2. My Data Manager


My Data Manager aplikasi penghemat data seluler

Lebih dari 11,5juta pengguna sudah menggunakan My Data Manager sebagai aplikasi penghemat data seluler di smartphone android mereka. Aplikasi besutan Mobidia Technology ini dapat melacak pemakaian data seluler secara spesifik hingga penggunaan jenis panggilan dan pesan singkat yang digunakan.

Cara kerja aplikasi ini pada dasarnya tidak jauh beda dengan Datally dan cukup sederhana, aplikasi ini akan mendeteksi aplikasi mana saja yang memakan penggunaan data paling besar.

Selain itu, aplikasi penghemat data seluler ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Alarm, sebuah fitur pengingat yang akan memberi informasi ketika kuota data internet mulai membengkak.

Untuk mengunduh dan menggunakan My Data Manager, silahkan kunjungi laman Google Playstore pada link berikut : My Data Manager



3. CM Data Manager


CM Data Manager aplikasi penghemat data seluler

Aplikasi penghemat data seluler berikutnya yang cukup populer adalah CM Data Manager. Setidaknya, 1 juta pengguna sudah menggunakan aplikasi penghemat data seluler ini. CM Data Manager ini juga memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan 3 aplikasi data lainnya  dalam mengelola penggunaan data seluler secara terperinci.

Aplikasi penghemat data seluler ini bekerja dengan sangat baik dalam meminimalisir penggunaan data, salah satunya yaitu dengan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang boros data kuota baik untuk data yang berjalan di foreground ataupun background.

Selain itu, dengan aplikasi ini, Anda juga dapat melihat penggunaan data beserta kecepatan jaringan saat berselancar di internet.

Untuk mengunduh dan menggunakan CM Data Manager, silahkan kunjungi laman Google Playstore pada link berikut : CM Data Manager

Baca juga : Penyebab kuota internet habis sendiri


4. GlassWire Data Usage Monitor


Glasswire aplikasi penghemat data seluler

GlassWire Data Usage Monitor tergolong aplikasi penghemat data seluler yang tergolong baru, namun sudah lebih dari 100ribu pengguna menginstal aplikasi ini. GlassWire Data Usage Monitor ini juga memiliki cara kerja yang tak juah berbeda dari ketiga aplikasi penghemat data seluler sebelumnya, namun tentunya dengan grafik dan fitur yang berbeda.

GlassWire memudahkan memantau penggunaan data seluler Anda, batas data, dan aktivitas Internet WiFi secara real-time. Anda dapat langsung melihat aplikasi apa yang memperlambat koneksi internet ponsel Anda atau langsung menghentikannyalangsung melalui aplikasi ini.

Salah satu kelebihan yang juga dimilikinya adalah fitur notifikasi yang akan memberi informasi kepada anda apabila penggunaan data seluler sudah melebihi batas yang anda tetapkan.

Untuk mengunduh dan menggunakan GlassWire Data Usage Monitor, silahkan kunjungi laman Google Playstore pada link berikut : GlassWire Data Usage Monitor