Penyebab kuota habis sendiri - KP Blog

Penyebab kuota habis sendiri

Sering kali kita harus merasa kesal dan jengkel dengan kuota internet yang habis sendiri. Padahal, aktivitas yang menggunakan kuota dan data internet yang kita lakukan dengan gadget kita tidaklah banyak dan tidak terlalu sering.

Rasa kesal ini tentunya akan semakin bertambah apabila beberapa waktu sebelumnya, kita baru saja mengisi ulang kuota internet dengan jumlah yang cukup banyak.

Kuota internet yang habis sendiri ini memang sering sekali terjadi tanpa kita sadari, penyebabnya pun terbilang cukup banyak, berikut beberapa penyebab kuota habis sendiri

penyebab kuota habis sendiri

1. Update otomatis

Update otomatis ini memang menjadi salah satu penyebab kuota habis sendiri tanpa pernah kita merasa menggunakannya. Update otomatis ini, ada yang untuk aplikasi ada juga yang untuk Firmware atau Operating System.

Untuk operating system umumnya menggunakan jumlah kuota yang cukup besar dan banyak, namun pembaruan yang terjadi biasanya tidak sesering dengan update pada aplikasi yang di instal.

Hal ini sedikit berbeda dengan aplikasi instalan yang kerap kita unduh dalam Google Play Store, seperti contohnya aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, dan lain-lainnya, aplikasi seperti ini kerap memakan kuota setiap terjadi pembaruan otomatis.

Memang, kuota internet yang digunakan tidak banyak untuk satu aplikasi di setiap update. Namun, jika jumlah aplikasi yang di instal dalam gadget sangat banyak, maka otomatis kuota internet yang dipotong untuk melakukan pembaruan pada aplikasi-aplikasi tersebut juga akan semakin banyak.

Update otomatis umumnya diset secara default oleh pihak pembuat aplikasi, namun kita dapat memilih dan mengatur bagaimana update otomatis terhadap aplikasi tersebut akan dilakukan.


2. Aplikasi dan program Berjalan Otomatis

Selain update otomatis, penyebab kuota habis sendiri bisa diakibatkan oleh aplikasi dan program yang berjalan secara otomatis tanpa kita ketahui.

Beberapa contoh aplikasi tersebut diantaranya Google Photos, GPS, beberapa aplikasi map (peta), atau pun aplikasi yang setnya sudah anda ijinkan untuk bisa berjalan otomatis di belakang layar.


3. Membiarkan aplikasi tetap terbuka tanpa dipakai

Terlalu banyak aplikasi yang digunakan membuat kita kerap lupa untuk menutup aplikasi tersebut. Dalam kondisi tersebut, ternyata ada beberapa aplikasi yang bisa tetap berjalan sehingga dapat memotong kuota dengan sendirinya.

Oleh karena itu, akan lebih baik dengan menutup aplikasi secara tuntas dan menghindari tumpang tindih aplikasi saat menggunakan aplikasi pada gadget anda.


4. Lupa ketentuan dan syarat penggunaan kuota

Penyebab kuota habis sendiri berikutnya adalah kita lupa akan ketentuan dan syarat penggunaan kuota. Masing-masing operator memiliki syarat dan ketentuan tentang penggunaan kuota terkait dengan harga dan paket yang tawarkan.

Misalnya, operator menawarkan paket kuota 14Gb per 30 hari dengan pecahan kuota internet 12Gb full time dan Kuota streaming Video sebesar 2Gb. Ini berarti anda memiliki kuota internet yang dipakai selama 24 jam sebesar 12Gb dan 2Gb khusus untuk streaming video saja.

Selain kuota full time, ada juga operator yang menawarkan paket kuota besar namun hanya pada jam-jam tertentu saja. Seperti misalnya, ditawarkan paket 14Gb per 30 hari dengan ketentuan 2Gb dari jam 12.00-24.00 dan 12Gb dari jam 24.00-12.00.

Ini artinya, anda hanya punya kuota 2Gb khusus pada jam 12.00-24.00 dan ketika kuota ini habis, anda tidak dapat menggunakan kuota 12Gb sebelum jam berlakunya kuota tersebut.

Seringkali, kita lupa akan ketentuan dan syarat penggunaan kuota semacam ini hingga akhirnya kita merasa menjadi dirugikan dan merasa kuota cepat habis dengan sendirinya.