Cara menghemat kuota Youtube - KP Blog

Cara menghemat kuota Youtube

Menonton video streaming melalui Youtube saat ini sudah menjadi salah satu hiburan yang tidak bisa terbantahkan lagi. Cukup banyak orang yang merasa keranjingan dengan aktivitas yang satu ini, alasannya karena tidak repot serta banyaknya pilihan video yang bisa dinikmati kapanpun dan dimanapun selama masih terjangkau jaringan internet.

Meskipun begitu, menonton video streaming di Youtube ternyata menjadi salah satu aktivitas online yang banyak memakan data dan kuota internet lho. Satu video yang ditonton dengan durasi tertentu, bisa menghabiskan hingga ratusan Megabyte.

Apalagi jika jumlah video yang ditontonnya banyak, maka otomatis jumlah kuota internet yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Berikut trik dan cara menghemat kuota Youtube yang bisa dilakukan agar aktivitas menonton video streaming melalui Youtube ini bisa tetap Anda lakukan meskipun kuota internet minim.

Cara menghemat kuota Youtube


I. Turunkan Resolusi Video


Semakin tinggi nilai resolusi video yang digunakan, maka semakin tinggi juga kualitas video yang ditampilkan. Kualitas yang bagus tentunya membutuhkan banyak penggunaan data. Efeknya, penggunaan kuota internet Anda untuk menonton Youtube dengan video kualitas tinggi pun juga akan semakin banyak.

Intinya, semakin tinggi resolusi video, semakin banyak bandwith kuota yang digunakan.

Salah satu cara terbaik untuk menghemat kuota Youtube adalah dengan menurunkan resolusi video yang ditonton. Idealnya, 480p atau 360p adalah nilai resolusi video yang masih cukup nyaman untuk di tonton. Namun begitu nilai resolusi video ini masih bisa di tekan hingga 144p, tentunya hasil video yang ditampilkan juga akan semakin menurun.

Berikut caranya Jika Anda menonton video Youtube melalui aplikasi Youtube dalam Android/iPhone
  • Tap ikon Options pada pojok kanan atas video
  • Pilih menu Quality
  • Pilih resolusi video sesuai keinginan

Sedangkan untuk Anda yang menonton video Youtube lewat browser PC/laptop
  • Klik ikon Settings/Pengaturan (ikon roda gerigi)
  • Klik opsi Quality
  • Pilih resolusi video sesuai keinginan

Dengan menekan nilai resolusi hingga nilai terendah , maka otomatis, kuota internet yang digunakan juga menjadi lebih hemat.


II. Matikan Fitur Autoplay di Youtube


Normalnya, Youtube akan memutar video berikutnya secara otomatis sesaat setelah video sebelumnya selesai. Tentu saja, hal ini akan memakan kuota internet secara tiba-tiba, terlebih ketika Anda membuka video lainnya pada tab baru tanpa menutup tab sebelumya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mematikan fitur putar otomatis atau Autoplay ini. Berikut ini cara untuk mematikannya  (Masih di menu Settings/Pengaturan dalam aplikasi Youtube)
  • Pilih menu Autoplay
  • Nonaktifkan pilihan Autoplay next video.

Dengan begitu, daftar video Youtube berikutnya tidak akan diputar secara otomatis. Jika Anda menonton video Youtube lewat browser PC/laptop, nonaktifkan fitur Autoplay pada bagian kanan atas daftar video.


III. Gunakan Aplikasi penghemat kuota Youtube


Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota Youtube adalah dengan menginstal aplikasi-aplikasi penghemat kuota youtube kedalam smartphone Anda. Berikut Aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat kuota Youtube

1. Gunakan Aplikasi Youtube Go

Salah satu aplikasi penghemat kuota Youtube untuk android/appstore adalah aplikasi Youtube Go. Berbeda dengan aplikasi Youtube yang umum, Youtube Go memberikan beberapa pilihan agar kuota internet saat menonton video bisa lebih hemat
  • Youtube Go memberikan "Preview video" berbentuk animasi dan slideshow sebelum kita benar-benar menggunakan kuota untuk menonton video tersebut.
  • Saat kita tekan "Play" atau "Download" Youtube Go langsung memberikan pilihan kualitas resolusi video yang ingin kita unduh / tonton berikut dengan kuota yang dibutuhkan untuk masing-masing resolusi, seperti contohnya, Basic Quality : 3,6Mb , Standard Quality : 25Mb atau High Quality : 39 Mb.

2. Gunakan Aplikasi penghemat kuota data seluler

Aplikasi hemat kuota ini berguna untuk memantau penggunaan kuota pada masing-masing aplikasi yang kita gunakan. Ketika ada aplikasi yang memakan kuota tidak wajar dan berlebihan, maka saat itu juga kita bisa langsung menghentikan aktivitas dari aplikasi tersebut.

Seperti misalnya kita menggunakan Aplikasi Youtube untuk menonton video streaming secara online. Dengan aplikasi penghemat kuota kita dapat memantau dan mengetahui berapa besar kuota yang sudah digunakan oleh aplikasi Youtube tersebut.

Jika menurut kita pemakaian kuotanya sudah tidak wajar, maka kita dapat dengan segera menghentikan akktivitas tersebut.

Baca juga : 4 Aplikasi penghemat data seluler yang populer digunakan


3. Gunakan Browser Hemat Kuota

Selain dengan menginstal Youtube Go, Anda juga dapat memanfaatkan browser yang hemat kuota untuk menonton video Youtube dengan lebih hemat, salah satunya adalah Opera Mini.

Browser ini dibekali dengan fitur Video Boost yang bisa Anda gunakan untuk menonton streaming video meskipun layanan internet lambat atau kuota internet sedang minim. Fitur Video Boost ini dapat mengurangi ukuran data video sekaligus mengurangi buffering dan mempercepat waktu loading.


IV. Tetapkan Batas Penggunaan data dan kuota Internet


Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membantu menghemat kuota Youtube adalah dengan menetapkan batas penggunaan data dan kuota internet.

Pembatasan data kuota internet ini akan memberikan peringatan berupa pop up yang muncul di smartphone Anda ketika penggunaan kuota internet sudah melebihi batas yang sudah Anda tentukan sendiri sebelumnya.

Untuk pengaturannya, silahkan masuk ke menu Settings > Data usage > Set mobile data limit kemudian atur batas penggunaan data yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu, ketika penggunaan data sudah lewat ambang batas, maka anda akan mendapatkan peringatan dan bisa dengan segera untuk melakukan penghematan.


V. Manfaatkan Wi-Fi gratis, Unduh dan simpan Video


Cara terakhir yang bisa dilakukan guna menghemat kuota Youtube adalah dengan cara memanfaatkan fasilitas Wi-Fi gratis yang kerap disediakan pada sekolah, kampus, kantor, kafe, ataupun perpustakaan.

Setelah Anda sudah terhubung dengan fasilitas Wi-Fi gratis tersebut, Anda tidak perlu menonton video yang ada di YouTube saat itu juga, lebih baik Anda mengunduh dan menyimpannya terlebih dahulu.

Video yang sudah disimpan tadi nantinya bisa ditonton secara offline alias tidak perlu terkoneksi ke internet. Dengan begitu, Anda bisa tetap menonton video dengan lebih hemat tanpa harus menggunakan kuota internet.